Para peneliti NASA telah menemukan sebuah planet yang memiliki karakteristik mirip dengan Bumi. Memiliki ukuran 10% lebih besar dari bumi (planet-planet lain yang ditemukan kebanyakan memiliki massa 40% lebih besar).

Planet yang diberi nama Kepler-186f ini merupakan planet ke-5 dari sistem tata-surya-nya sendiri, dan mengelilingi sebuah bintang yang bersinar 30% lebih redup dari matahari kita, dengan periode 130 hari. Berjarak sekitar 500 tahun cahaya dari Bumi, dan terletak di konstelasi Cygnus

kepler186f_comparisongraphic_0

Namun begitu, para peneliti NASA mengatakan Kepler-186f berada dalam zona habitable dan memiliki syarat-syarat yang cukup untuk menduga ada kehidupan disana. Dengan kekuatan yang hanya 30% dari matahari kita, kemungkinan siang hari di planet Kepler-186f hanya se-terik matahari bumi di sore hari saja. Walaupun ukuran Kepler-186f sudah diketahui, tetapi komposisinya masih belum dipelajari.

“Kita hanya tahu 1 planet dimana kehidupan itu ada, Bumi. Ketika mencari bentuk kehidupan lain, maka fokusnya adalah mencari planet yang memiliki karakteristik yang paling mirip dengan Bumi”, kata Elisa Quintana. “Berhasil menemukan sebuah planet di zona habitable dengan ukuran yang mendekati Bumi adalah sebuah kemajuan yang signifikan”

Dengan kemiripan yang ada, mungkin kita berhasil menemukan sepupu Bumi?

Sumber dan gambar, video dokumentasi full mengenai planet Kepler-186f

Comments

comments