Jepang akan menambang energi matahari dari bulan, ini bukan judul anime Jepang. Karena badan antariksa Jepang sangat serius ingin membuat sebuah pembangkit listrik tenaga matahari dari bulan.

Proyek LUNA RING, rencananya, pada tahun 2030 pembangkit sudah bisa berjalan dan menghasilkan listrik yang nantinya akan dikirim ke bumi melalui sinar laser atau gelombang mikro.

Di luar angkasa, sinar matahari dapat ditangkap solar cell dengan efektifitas 5 kali lebih kuat. Dan hampir setiap saat bulan terpapar sinar matahari.

Karena energi matahari adalah energi yang bersih dan ramah lingkungan tidak seperti energi fosil, para peneliti percaya ini akan menghentikan pemanasan global dan mengatasi krisis energi planet ini.

Tantangannya adalah memindahkan komponen-komponen pembangkit tenaga listrik ke bulan dan merakitnya disana. Namun ternyata Jepang sudah mulai memikirkan hal tersebut sejak tahun 1998. Dan awal tahun 2013 kemarin, Mentri Ekonomi dan Perdagangan Jepang telah menunjuk beberapa perusahaan teknologi besar Jepang untuk turut serta dalam proyek ini. Termasuk diantaranya: Mitsubishi Electric, NEC, Fujitsu dan Sharp.

proyek luna ring

Apakah tahun 2030 merupakan era berakhirnya bahan bakar fosil? Mari berharap hal itu dapat terjadi, efek pemanasan global yang terus meningkat secara eksponensial karena penggunaan bahan bakar fosil dapat dihentikan dan umat manusia dapat berharap untuk bertahan hidup lebih lama lagi di planet bumi dan alamnya. Karena sesungguhnya alam tidak butuh manusia, tetapi manusia membutuhkan alam.

Website resmi proyek LUNA RING

Comments

comments