Kailasa Temple / Kuil Kailasa di India, adalah sebuah tempat suci bagi penganut agama Hindu di India. Kuil terbesar dari belasan kuil lain yang juga dibuat berdampingan.

Yang menjadikan Kuil Kailasa ini unik adalah, bahwa kuil ini bukan dibuat dari tumpukan batu, melainkan seluruh konstruksi batu adalah hasil pahatan. Layaknya seni memahat balok es, dimana bongkahan es di pahat menjadi sesuatu dari luar ke dalam, kuil ini terletak di dalam bukit batu, karena sebuah bukit batu telah diratakan dan dipahat menjadi sebuah kuil yang indah,  Para ahli mengatakan, seperti itulah cara Kailasa dibuat. Struktur jembatan yang ada dalam kompleks kuil ini juga tidak mempunyai sambungan atau tumpukan.

kailasa temple

https://ssl.panoramio.com/photo/48201468

Melihat luas komplek yang ada, dan metode yang digunakan. Maka jumlah bebatuan yang harus dibuang ketika proses pembuatan Kailasa sangatlah banyak. Dan teknik memotong batu yang digunakan saat ini belum bisa membuat tiruan Kuil Kailasa. Bayangkan saja waktu yang diperlukan untuk meratakan sebuah gunung batu, belum lagi untuk memahatnya menjadi sebuah kuil, membuat sistem pengairan, ruangan-ruangan, dan lain sebagainya.

https://ssl.panoramio.com/photo/2729054

https://ssl.panoramio.com/photo/2729054

Aurangzeb, seorang Raja, dicatat pernah mengerahkan ribuan orang untuk menghancurkan kuil Kailasa, namun setelah 3 tahun ia hanya berhasil merusak sebagian kecil komplek saja dan akhirnya menyerah. (Piramida Menkaure di Mesir juga pernah menjadi sasaran penghancuran)

Kailasa terlihat sangat jelas dari udara, seperti kompleks bangunan yang dibangun diatas sebuah bukit yang telah diratakan sebelumnya (lihat Kuil Kailasa di google maps)

https://ssl.panoramio.com/photo/50031941

https://ssl.panoramio.com/photo/50031941

Jika struktur rumit kuil Kailasa ini dibuat oleh manusia, mengapa pengetahuan itu hilang? Apakah manusia mendapatkan pengetahuan itu sendiri ataukah ada ‘pihak’ lain yang mengajarkannya?

Comments

comments