Badan Antariksa Eropa (ESA) telah mengeluarkan foto dari pesawat luar angkasa, ‘Philae’. Setelah sebelumnya Philae terpental sampai akhirnya berhasil mendarat di sebuah komet, Rabu yang lalu.

Pesawat luar angkasa ini berhasil mendarat namun terpental karena sepasang jangkar untuk menahannya tetap berada di komet gagal bekerja. Kemungkinan Philae kembali terpental sekali lagi sebelum akhirnya berhasil mendarat pada posisi 1km dari target yang direncanakan.

Philae, sebuah laboratorium yang sarat dengan perlengkapan riset, bertujuan mendarat di Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Diluncurkan dari kapal induknya Rosetta 10 tahun lalu, dan telah menjelajah sejauh 6,5 milyar kilometer.

Setelah sukses mendarat dan menjalankan program risetnya berkat baterai yang sanggup bertahan selama 60 jam, sekarang Philae sedang dalam keadaan Standby, karena mendarat di bagian komet yang tertutup sinar matahari.

ESA mengatakan, sembari komet bergegas menuju matahari, ada kemungkinan Philae mendapat cahaya matahari kembali dan bisa melanjutkan misinya.

Gambar 1. Permukaan komet sebelum Philae mendarat; Gambar 2. Debu komet akibat pendaratan Philae; Gambar 3. Lokasi terakhir pendaratan Philae Gambar 1. Permukaan komet sebelum Philae mendarat; Gambar 2. Debu komet akibat pendaratan Philae; Gambar 3. Lokasi terakhir pendaratan Philae

Diumumkan tahun 1993, dan diluncurkan 2004. Misi Rosetta adalah mencari struktur kimia dan fisika dari struktur es dan debu purbakala komet yang mungkin bisa menjelaskan asal usul tata surya dan mungkin…kehidupan bumi.

Sumber, Photo: ESA ( European Space Agency)

Comments

comments