Beberapa film dibuat untuk hiburan semata, namun beberapa film juga dibuat untuk membuat otak berpikir kritis, mempertanyakan kualitas mental dan mengembangkan kesadaran. Film-film ini berkutat pada pertanyaan yang seringkali takut kita telaah sebagai manusia namun sangat membuat penasaran.

Berikut ini adalah beberapa film yang akan membuat kita mempertanyakan eksistensi kehidupan manusia:

1. Waking Life, oleh Rickard Linklater

waking-life-poster

Apakah hidup kita nyata?

2. Samsara, oleh Ron Fricke

samsara-poster

Bahasa San sekerta yang berarti: siklus (kehidupan), film ini seakan ingin menunjukkan bahwa semua makhluk hidup memiliki kesadaran utuh yang saling terikat satu sama lain. Visualnya luar biasa.

3. Uncle Boonme, oleh Apichatpong Weerasethakul

uncle-boonme-poster

Film Thailand yang menggambarkan tentang reinkarnasi, seseorang yang dihari-hari terakhir kehidupannya, mengalami penglihatan akan kehidupan-kehidupan sebelumnya.

4. Under The Skin, oleh Jonathan Glazer

Salah satu film terbaik Scarlett Johanson, disini ia berperan sebagai seorang alien.

5. Enter The Void, oleh Gaspar Noe

enter-the-void-poster

Di film ini kita akan temukan warna-warni yang kontras dan mencolok, perspektif penonton sebagai orang pertama benar-benar menjadikan film ini unik. Tokoh utama meninggal dan kita melihat pengalaman roh-nya meninggalkan tubuh, sembari ia menjelajah ruang dan waktu. Membuat kita bertanya akan perspektif kita terhadap waktu yang membuat kita menjalani hidup hanya untuk survival.

6. Anything, oleh Andrei Tarkovsky

solaris-poster

Film dari Soviet ini meskipun lawas namun, Tarkovsky dan film-filmnya akan membuatmu merasakan sesuatu yang berbeda namun sulit untuk mengucapkan pengalaman itu.

 

Apa film yang membuatmu bergidik dan merubah perspektif melihat kenyataan dan kehidupan? Sumber

Comments

comments