Saya melihat adanya perbedaan besar antara digunakannya sebuah kata untuk sekadar penamaan (pemberian label), dan benar-benar memahaminya. Saya dapat menamakan obyek yang ada di hadapan saya di atas meja ini, tetapi ada banyak hal yang belum bisa saya pahami tentangnya. Ruang di mana hal seperti ini kerap terjadi adalah saat kita menjelaskan fenomena ilmiah. Misalnya saja evolusi – kita mempunyai teori-teori yang wah tentang bagaimana ia berlangsung pada tingkatan molekuler, tetapi apakah ini berarti kita telah benar-benar memahami tujuannya? Atau bahkan tahu bagaimana cara ia bekerja?

 Ketika kamu tidak menutupi dunia dengan kata-kata dan penamaan, sebuah perasaan yang ajaib muncul kembali.” –Eckhart Tolle

Kita menggambar lukisan tentang evolusi di sekolah, yang beberapa dari kita rasakan sebagai angin segar setelah mendengarkan kisah Adam dan Hawa. Akan tetapi, setidaknya bagi saya, ini masih tidak bisa menjelaskan pertanyaan mengapa. Mengapa kita ada di sini? Mengapa kita ber-evolusi? Pada dasarnya, kita diajari bahwa setiap spesies berada pada perjalanan kecilnya masing-masing untuk bertahan dan mewariskan DNA. Seperti itulah! Kamu berada di sini untuk melakukan hubungan seks sebelum kamu meninggal! Saya teringat akan sebuah paradigma ekonomi kuno yang mengajarkan bahwa tujuan kita adalah untuk mendapatkan uang agar dapat mengkonsumsi produk… Ini masuk akal dalam konteks sebuah disiplin ilmu yang sempit, tapi tidak sesuai bagi konteks kehidupan kita. Kepada semua akademia, mungkinkah bahwa kita masih belum menemukan suatu jawaban yang jauh lebih mendasar dan penting?

Pertama, telah dipahami secara lebih luas bahwa perjalanan evolusi kita tidak hanya mencakup spesies manusia. Kita sepenuhnya bergantung pada tumbuhan, binatang, dan jejamuran untuk memberi makan kita, bergantung pada bakteri untuk membantu kita mencerna makanan, bergantung pada Bumi untuk menyediakan air dan tempat tinggal bagi kita, dan bergantung pada Matahari untuk menghangatkan kita. Pada kenyataannya, seseorang dapat selamanya menuliskan daftar spesies lain yang daripadanya kelangsungan hidup kita (apalagi pertumbuhan kita) sangat bergantung.

Comments

comments

Pages: Page 1, Page 2, Page 3