Sebuah animasi film pendek karya Wesley PP Hall (aktivis) berikut ini benar-benar menunjukkan, bahwa apa yang sedang terjadi saat ini dengan perekonomian, kemiskinan, peperangan dan terorisme. Peyebabnya adalah sebuah hal yang sangat sederhana. ‘Mereka‘ ingin kita berpikir bahwa hal ini adalah sesuatu yang sangat kompleks, namun sebenarnya sangat-sangat sederhana. Para pemimpin, politikus dan media-media mainstream berperan untuk membuat masalah perekonomian, kemiskinan, peperangan dan terorisme ini adalah sesuatu yang rumit, sehingga mengaburkan akar permasalahan sebenarnya.

Suara yang mengisi animasi ini, adalah suara John Perkins, penulis dari sebuah buku yang sangat terkenal ‘Confessions of an Economic Hitman‘. Kutipan-kutipan John Perkins dibantu dengan visualisasi yang menjelaskan dengan gamblang bagaimana sistem perbankan global bekerja dan bagaimana hubungannya dengan perang dan terorisme.

Secara garis besarnya, ia menceritakan, negara-negara berkembang menjadi sasaran sumber daya alamnya. Mereka ‘ditawarkan’ pinjaman, namun pinjaman tersebut masuk ke korporasi yang membuat infrastruktur. Kemudian rakyat yang tidak pernah menerima ‘pinjaman’ tersebut harus membayar ‘tagihan’nya.

“Ketika kami gagal, ‘The Jackals’ menggantikan kami dan menggulingkan pemerintahan negara sasaran, membunuh pemimpin negara, melakukan kudeta. Bila mereka gagal juga, seperti yang terjadi di Iraq, maka kami mengirimkan
militer”.

Untuk yang penasaran dan ingin mengetahui pengakuan lengkap John Perkins, lihat disini.

Comments

comments