Pria ini bernama Otis Johnson. Ia dipenjara karena melakukan percobaan pembunuhan terhadap seorang polisi. Sulit ditelusuri apa yang sesungguhnya ia lakukan hingga berakhir dipenjara. Namun, 40 tahun lalu. Polisi di Amerika jauh lebih brutal dibanding sekarang, apalagi terhadap warga Afrika-Amerika.

Setelah keluar dari penjara setelah 40 tahun ia kembali berinteraksi dengan masyarakat, Otis menuturkan pengalamannya dalam video ini, dan menunjukkan betapa jauh teknologi berkembang. Namun apakah perkembangan ini menuju arah yang baik atau buruk silahkan menilai. Terlepas dari apakah ia layak menjalani 40 tahun masa hukumannya dipenjara, namun menarik untuk melihat dunia yang kita jalani sekarang sudut pandang seseorang yang terasing selama 40 tahun dari masyarakat, dan apa yang dia lakukan untuk mengimbangi keadaan sekarang.

Menurutmu, apa yang bisa menyebabkan orang berbuat sesuatu sehingga ia dipenjara? Apakah penjara sebuah sistem punish and reward yang efektif mengatasi masalah masyarakat yang ada?

 

Comments

comments