Kita semua tahu bahwa penggunaan bahan bakar fosil, meninggalkan polusi dan meningkatkan efek rumah kaca. Polutan sisa pembakaran, tumpahan minyak mentah dan limbah batu bara mencemari laut, tanah dan udara.

Perang dilakukan sebagai cara mempertahankan akses sumber daya bahan bakar fosil. Para penguasa dan politikus juga menggunakannya untuk mengatur perkenomian negara yang tergantung kepada bahan bakar fosil ini. Jadi bisa dilihat bagaimana industri ini mencemari planet, kesehatan kita dan juga moral kita.

Untungnya, banyak juga yang meneliti alternatif energi fosil yang ramah lingkungan dan murah, berita dan videonya banyak bertebaran di internet. Solar panel, turbin angin, adalah contohnya. Ada satu lagi energi alam yang sedang dikembangkan, yaitu: turbin bawah laut!

Seperti namanya, turbin ini dapat bekerja berdasarkan arus laut, itu artinya turbin ini dapat mengumpulkan energi 24 jam penuh, hanya berhenti jika turbin ini rusak, atau laut sudah berhenti menghasilkan arus (apa yang terjadi pada planet bumi jika laut tidak lagi menghasilkan arus?).

turbin bawah laut
Salah satu proyek turbin bawah laut crowdsourcing, Eropa telah menggunakan enrgi arus laut. Contoh lain, googling dengan keyword ‘tidal energy

Banyak energi pengganti alternatif seperti nuklir, matahari, angin, dan termasuk arus laut ini. Semua memilik kelebihan dan kekurangan, namun layak untuk dicoba, dan jelas lebih ramah lingkungan dan suplainya tak terbatas(murah) dibanding energi fosil! Banyak juga dari para penelitinya termasuk kategori jenius! Namun entah mengapa penelitian2nya seperti kurang bergema, tidak banyak terekspos.

Masih ingat¬†penelitian mobil listrik Indonesia Tucuxi? berapa banyak yang tahu bahwa ‘Ricky Elson’ mempatenkan banyak temuannya tentang motor listrik di Jepang, bayangkan bila ia bisa berdedikasi untuk Indonesia dan tidak dihujat karena kecelakaan ‘aneh’. Semoga artikel ini bisa menginspirasi. Apakah menurutmu, PLN bisa menggunakan energi ini?

Comments

comments