Baik kamu mencari kedamaian atau lebih sedikit tekanan dalam hidup, meditasi dapat menjadi apa yang sebenarnya kamu butuhkan. Bagi pemula, atau orang yang baru saja mempelajari manfaat luar biasa meditasi, mereka tahu bahwa meditasi sangat baik bagi kejernihan batin dan kesehatan. Akan tetapi, mulai bermeditasi dapat membuat frustrasi pada awalnya.

Ketika kamu mulai bermeditasi, kamu mungkin mengalami campuran perasaan antara menunggu sesuatu untuk terjadi dan mendapatkan bahwa benakmu dibanjiri oleh banyak pikiran; latihan meditasi dapat menjadi sesuatu yang menakutkan, dan kamu bahkan dapat merasa kewalahan pada awalnya—saya tahu karena saya sendiri pernah mengalaminya. Inilah mengapa saya menyusun daftar 20 tips untuk membantumu berada pada keadaan lingkungan yang sempurna—di dalam dan di luar—untuk mulai menjalankan latihan ini secara lebih rutin dalam keseharianmu.

  1. Latihan Menyempurnakanmu, Aturlah Waktu untuk Bermeditasi Setiap Hari

Saat kamu pertama kali memulai, sangat penting untuk terus menjalankan latihan. Kamu mungkin tidak akan serta merta langsung merasakan manfaatnya. Akan tetapi dengan lebih banyak latihan, akan lebih mudah untuk menenangkan pikiranmu, menuju kondisi relaksasi dan mempersilakan kejernihan batin untuk melingkupimu. Bahkan dengan hanya 5 menit sehari, ini akan menjamin kamu tetap berada pada langkah yang tepat.

  1. Mulai Dari Nafas

Mulailah setiap latihan dengan bernafas dalam-dalam. Ambil nafas pelan-pelan dan kemudian keluarkan sambil terus fokus hanya pada nafasmu.

  1. Lepaskan Semua Perasaan Frustrasi

Sangatlah alami dan normal untuk merasa frustrasi saat belajar bermeditasi. Cobalah untuk tidak melekat pada pikiran-pikiran semacam ini, dan tidaklah perlu untuk mencoba menghentikannya. Biarkan saja mereka datang dan kemudian kembalilah berkonsentrasi pada nafasmu.

  1. Pilihlah Ruangan Tertentu di Rumahmu untuk Bermeditasi

Cobalah untuk memilih sebuah ruangan dalam rumahmu yang bebas dari banyak suara atau gangguan di luar; juga akan lebih baik untuk memilih ruangan dengan alat elektronik dengan jumlah minimal.

  1. Persiapkanlah Ruangan yang Damai

Pertimbangkanlah untuk menggunakan cahaya redup atau sama sekali tidak menggunakan lampu dan nyalakanlah lilin. Membakar dupa wangi atau menggunakan minyak esensial yang menenangkan (seperti lavender) dapat membantu pikiran dan tubuh untuk merasa santai dan nyaman.

  1. Pastikan Kamu Tidak Terganggu

Biarkan keluarga, teman atau teman sekamarmu tahu bahwa kamu akan sibuk pada sebuah jangka waktu tertentu dan agar kamu tidak terganggu, ubahlah telepon genggammu ke mode silent (diam).

  1. Rasakan Bagian Tubuhmu

Ketika kamu pertama memulai, sambil berkonsentrasi pada nafas, secara sadar cobalah rasakan tiap bagian tubuhmu, mulai dari kakimu. Ini tidak berarti kamu perlu secara fisik menyentuh bagian tubuhmu, kamu cukup merasakannya saja. Setelah kaki, teruslah naik ke atas menuju pergelangan kaki, betis, dan seterusnya. Ini adalah cara yang sangat baik untuk membuatmu bermeditasi.

  1. Buat Komitmen

Berkomitmenlah untuk latihan. Pada jangka panjang, apabila kamu tidak dapat mengatur 5-10 menit setiap harinya dalam hidupmu untuk bermeditasi, berarti pastilah kamu mempunyai permasalahan besar yang perlu diatasi.

  1. Mulailah Perlahan

Mulai dengan berlatih meditasi hanya selama 5 menit per hari, kamu bahkan bisa menyetel alarm jika kamu mau. Setelah kamu mulai terbiasa dan merasa lebih nyaman, kamu dapat menambah alokasi waktunya.

  1. Bacalah Buku Tentang Meditasi

Untuk mendapatkan lebih banyak tips mengenai meditasi dan untuk mengetahui berbagai manfaat dan tips sederhana, carilah satu atau dua buku di perpustakaan, lihatlah apa yang kamu temukan.

Comments

comments

Pages: Page 1, Page 2