1. Coba Gunakan CD Meditasi Panduan atau Dengarkan Musik Meditasi

Jika kamu terkadang masih mengalami kesulitan menjernihkan pikiranmu, mendengarkan CD meditasi yang dipandu dapat sangat membantumu untuk fokus sambil mendengarkan instruksi yang ada.

  1. Berlatihlah Untuk “Berada Pada Saat Ini” Sepanjang Hari

Selama menjalani hari; sambil menyetir, bekerja, makan siang, membersihkan atau apapun, gunakan beberapa saat tenang dalam harimu dengan menenangkan pikiran dan mengambil beberapa nafas panjang.

  1. Bereksperimen Dengan Posisi Berbeda

Kamu dapat mencoba posisi standar para yogi, posisi “teratai”, duduk bersila menyilangkan kaki. Kamu dapat duduk di atas kursi dengan telapak tangan menengadah ke atas. Kamu dapat berbaring, apapun yang kamu suka. Setelah kamu merasa lebih nyaman, kamu akan menemukan posisi yang terbaik untukmu. Ketika saya pertama kali memulai, saya sangat suka berbaring, tetapi ketenangan yang saya rasakan membuat saya sering jatuh tertidur. Setelah saya menyadari bahwa posisi ini terlalu nyaman, saya kemudian memilih posisi duduk.

  1. Bereskperimen dengan Teknik Berbeda

Ada begitu banyak cara untuk bermeditasi, seperti: teknik pernapasan, meditasi dengan panduan, meditasi transendental, ketukan binaural, suara hutan rimba, dll. Bereksperimenlah untuk mengetahui mana yang terbaik untukmu dan mana yang dapat lebih efektif membuatmu tenang.

  1. Lepaskan Semua Ekspektasi

Manfaat yang akan kamu terima dari bermeditasi akan datang dalam beragam cara yang berbeda. Kamu mungkin menerima pesan saat kamu berlatih atau setelahnya, kamu mungkin mendapatkan penglihatan, kamu mungkin mengalami perjalanan keluar dari tubuh, atau tidak. Jika apa yang kamu dapatkan dari 5 menit bermeditasi setiap hari adalah pikiran yang jernih, maka ini sudah sempurna dan akan cukup untuk melepaskan stres dan membawa kedamaian ke dalam kehidupanmu dengan cara yang tidak pernah kamu sangka sebelumnya. Jangan terjebak dengan perkataan orang lain tentang apa yang mereka katakan telah mereka alami, fokus pada dirimu sendiri dan ingatlah bahwa kamu melakukan ini untuk dirimu sendiri. Ini bukanlah persaingan; ingatlah bahwa tidak ada cara yang benar atau salah dalam bermeditasi.

  1. Pertimbangkan Bermeditasi Pada Pagi Hari

Bermeditasi di pagi hari dapat memberikanmu pikiran yang jernih dan membuatmu memulai hari dengan penuh kedamaian. Ia dapat membantu melenyapkan stres sebelum ia dimulai.

  1. Gunakan Nyala Lilin Sebagai Titik Fokus

Menatap nyala lilin dapat membantumu menenangkan pikiran.

  1. Tentukan Niatmu Dari Awal

Apabila kamu mempunyai permasalahan spesifik atau keputusan yang harus dibuat dan kamu mempunyai kesulitan untuk mendapatkan jawabannya, tentukan niatmu mengenai apa yang kamu hendak terima selama bermeditasi. Jangan berharap untuk mendapatkan jawaban yang jelas dalam bentuk suaramu sendiri, tetapi perhatikanlah tiap perasaan yang mungkin kamu rasakan atau tanda yang mungkin datang setelahnya. Terkadang cara terbaik untuk menyelesaikan masalah adalah dengan berhenti memikirkannya dan biarkan jawabannya datang kepadamu.

  1. Visualisasikan Cahaya Mengalir Pada Tubuhmu

Secara lebih spesifik, apabila kamu merasa ada chakra tertentu yang terblokir, kamu sebenarnya dapat memvisualisasikan cahaya putih datang dari matahari dan masuk ke dalam tubuhmu. Ini dapat membantu melepaskan hambatan itu. Lepaskan pola emosi atau vibrasi lama, dan penuhi dirimu dengan vibrasi tinggi cahaya putih ini.

 

  1. Bersyukurlah Atas Latihanmu

Bahkan jika kamu merasa kamu tidak mendapat banyak dari latihan ini, jangan menyerah. Bersyukurlah karena kamu mengalokasikan waktu untuk duduk dan berlatih. Efeknya mungkin tidak terlihat secara nyata pada awalnya, tetapi seiring waktu, kamu akan senang karena kamu telah memulainya.

 

SOURCE LINK:

http://www.collective-evolution.com/2014/10/16/meditation-for-beginners-20-tips-to-help-quiet-the-mind/

Comments

comments

Pages: Page 1, Page 2