Oleh Alanna Ketler

Kemungkinan besar, Bunga Kehidupan adalah sesuatu yang pernah kamu lihat sebelumnya. Ia adalah simbol umum bagi banyak ajaran spiritual dan agama di seluruh dunia. Bunga Kehidupan telah ditemukan di berbagai belahan dunia dalam berbagai agama. Ia adalah salah satu simbol suci tertua yang diketahui manusia. Ia adalah bentuk geometri yang tersusun dari banyak bulatan sama ukuran yang bertumpuk. Ada informasi dan pengetahuan begitu besar yang dapat kita pelajari dari pemahamanan tentang Bunga Kehidupan. Ia dianggap sebagai gemoetri suci yang menyimpan nilai religi kuno dan, untuk menyimpulkan, ia menggambarkan bentuk fundamental dari ruang dan waktu. Akan tetapi, masih ada banyak hal yang dapat kita pelajari. Artikel ini akan menjadi pengantar mengenai apa itu Bunga Kehidupan.

Gambaran tertua Bunga Kehidupan yang diketahui manusia ada di Kuil Osiris di Abidos, Mesir. Simbol ini tidak terukir pada batu granit, ia tampaknya dibakar pada batu tersebut. Banyak gambaran lain dapat ditemukan dalam berbagai bangunan kuno di beberapa negara berbeda seperti: Israel, Turki, Irlandia, dan banyak lainnya. Gambaran menarik dari Bunga Kehidupan ditemukan di Kota Terlarang, Beijing, Tiongkok. Bunga Kehidupan ditemukan dalam bentuk bola di bawah telapak kaki “Anjing Fu”, atau lebih dikenal sebagai “Singa Penjaga”. Istana ini adalah rumah bagi 24 kaisar selama dinasti Ming dan Qing. Anjing-Fu adalah simbol perlindungan bagi bangunan dan penghuninya, dan juga, mereka dianggap sebagai pelindung ilmu pengetahuan. Sangat menarik, apabila kamu melihat bola Bunga Kehidupan ditemukan di bawah telapak kaki Anjing-Fu. Anjing ini betul-betul melindungi ilmu pengetahuan.

fu-dogs-flower-of-life

Disebutkan juga di atas bahwa Bunga Kehidupan dianggap sebagai geometri suci, apakah artinya?

Apa itu “Geometri Suci?”

Zaman dahulu, beberapa angka mempunyai makna simbolik selain dari penggunaannya sehari-hari. Beberapa bentuk seperti segitiga, heksagon, dan oktagon dianggap sebagai manifestasi fisik dari sebuah angka. Oleh sebab itu, bentuk-bentuk ini memiliki nilai vibrasi yang lebih tinggi karena fakta bahwa mereka memilki bentuk yang terlihat. Karenanya, Leonardo Da Vinci sangat tertarik pada Bunga Kehidupan dan mempelajari bentuk serta kekayaan matematisnya.  Ia juga tertarik pada bagaimana Bunga Kehidupan terhubung dengan kenyataan fisik, juga pada kesadararan. Leonardo menggambar Bunga Kehidupan itu sendiri, juga menggambar Benih Kehidupan. Leonardo dikenal karena digunakannya Rasio Emas dari Phi pada karya seninya, ini juga dikenal sebagai Fibonacci Spiral. Tidak lain, hal ini berasal dari pola Bunga Kehidupan.

Saya yakin banyak dari kalian yang telah mendengar Fibonacci Spiral sebelumnya, Fibonacci Spiral adalah rangkaian angka 0,1,1,2,3,5,8,13,21,34… tiap angka didapat dengan menambahkan 2 angka sebelumnya. Ini penting karena spiral yang membentuk persamaan matematika ini dapat ditemukan pada semua makhluk hidup, termasuk manusia, tanaman, binatang dan bahkan galaksi kita, The Milky Way.

Ada banyak situs kuno yang dibangun berdasarkan prinsip geometri ini, seperti: Parthenon – Athena, Yunani – 438 B.C., Giza Plateau – Mesir – 2600 B.C., Taj Ma Hal India.. ini sangat luar biasa mengingat ada begitu banyak situs dan bangunan kuno yang dibangun berdasarkan simbol Bunga Kehidupan.

rasio emas kuil parthenon

golden ratio taj mahal

Bunga Kehidupan juga dapat dikaitkan dengan geometri suci dengan memahami Kubus Metratron. Kubus Metratron adalah nama dari figur geometri yang didapat dengan menghubungkan garis dari titik tengah tiap 13 lingkaran ke titik tengah 12 lingkaran lainnya. Lingkaran ini datang dari Buah Kehidupan, yang adalah versi perluasan dari Bunga Kehidupan. Untuk lebih memahaminya, lihatlah video di bawah ini.

Video ini menyediakan pengenalan singkat, tapi terperinci, tentang Bunga Kehidupan, Benih Kehidupan, Telur Kehidupan, Geometri Suci, dan Kubus Metratron. Tontonlah!

Memahami Bunga Kehidupan sangat membantu kita untuk mengenal bagaimana Alam Semesta bekerja. Ia dapat digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan diri selama meditasi, dan juga sebagai simbol yang penuh kekuatan untuk dipakai dalam hidupmu sehari-hari. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa dengan menggunakan simbol ini pada perangkat elektronik dapat membantu untuk menghalau frekuensi berbahaya yang dipancarkan oleh perangkat elektronik tersebut. Secara keseluruhan, ia adalah pengingat yang luar biasa bahwa kita semua terhubung, pada satu sama lain dan pada tiap hal di Alam Semesta ini.

Saya menganjurkan semua orang untuk melakukan pencarian lebih dalam tentang Ajaran Bunga Kehidupan dan saya sungguh merekomendasikan buku “The Ancient Teachings of the Flower of Life: Volumes 1&2″ oleh Drunvalo Melchizedeck 

Dengan penuh cinta.

SUMBER, Feature image

Comments

comments