Hari ini, hampir semua aspek kehidupan manusia berlandaskan uang, semuanya (walaupun tidak semua bisa) dinilai dengan uang.

Dalam artikel ‘rahasia uang‘ kita mengetahui bahwa Bank Sentral lah yang menerbitkan uang, dan boleh meminjamkannya berdasarkan sistem ‘Fractional Reserve‘. Lalu bagaimanakah uang mengalir dari Bank sentral hingga ke tangan masyarakat luas?

Penyebaran uang bila digambarkan dalam sebuah piramida, para Elite Bank-lah yang berada di puncak piramida dan memilki sebagian besar kekayaan. Mereka mengatur bank-bank sentral di negara-negara seluruh dunia (pertanyaan: apakah Bank Indonesia milik bangsa Indonesia?).  Kemudian bank-bank besar dan institusi keuangan berada dibawahnya. Bank besar seperti citibank, HSBC, Goldman Sach, mendapatkan pinjaman dengan bunga kecil.

Pinjaman kemudian terdistribusi lagi ke perusahaan-perusahaan besar (corporatocracy)  yang mempunyai mega bisnis di sektor-sektor strategis seperti perminyakan (Exxon), elektrik (GE), agrikultur (Monsanto), pertambangan, medis, dan lain-lain. Dibawahnya lagi, barulah pemerintahan yang umumnya menggunakan uang untuk belanja negara, dan seringkali untuk biaya politis yang hanya menguntungkan pihak tertentu saja.

Kita, masyarakat awam berada di bagian paling bawah dalam piramida ini. Masyarakat awam, bekerja keras dan membantu membayarkan hutang yang digunakan pemerintahnya melalui pajak yang mereka bayarkan. Kelihatannya uang seperti terdistribusi kebawah kepada masyarakat awam. Akan tetapi yang semakin terlihat adalah, kemiskinan tetap ada, krisis semakin bertambah dan konsentrasi kekayaan kepada segelintir elit saja.

Video berdurasi 13 menit berikut ini, menjelaskan bagaimana uang mengalir dari para elit bank yang dengan mudahnya menerbitkan hutang dan semua yang terjadi dibaliknya.Bagaimana pendapatmu akan sistem yang sekarang ini terjadi? Sampai kapankan sistem uang yang berdasarkan hutang ini dapat bertahan ?

Comments

comments